Cari

Selasa, 30 Oktober 2012

Pengertian Pariwisata dan Rekreasi

Pariwisata adalah kegiatan  seseorang dari tempat tinggalnya untuk berkunjung ke tempat lain dengan perbedaan waktu kunjungan dan motivasi kunjungan (anonim, 1986). Menurut Pandit (l990),   pari-wisata adalah salah satu jenis  industri  baru  yang  mampu  meng-hasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam penyediaan lapangan kerja, peningkatan  penghasilan,  standart  hidup serta menstimulasi   sektor-sektor   produktifitas lainnya. Selanjutnya sebagai sektor yang komplek   juga meliputi industri-industri klasik yang sebenarnya seperti industri kerajinan dan cinderamata, penginapan dan transportasi, secara ekonomis juga dipandang sebagai industri.

Hakekat pariwisata dapat dirumuskan sebagai “seluruh kegiatan   wisatawan  dalam  perjalanan  dan  persinggahan sementara dengan motivasi yang beraneka ragam sehingga menimbulkan permintaan barang dan jasa. Seluruh kegiatan yang dilakukan  pemerintah  di  daerah  dengan tujuan wisatawan  untuk  menyediakan  dan  menata kebutuhan wisatawan, dimana dalam proses keseluruhan menimbulkan pengaruh  terhadap  kehidupan  ekonomi ,  sosial-budaya, politik  dan hankamnas untuk dimanfaatkan bagi kepentingan pembangunan bangsa dan negara" (Anonymous, 1987).

Selanjutnya  arti dari wisatawan adalah perjalanan seseorang yang karena terdorong oleh suatu atau beberapa keperluan melakukan pejalanan dan persinggahan lebih dari 24 jam di luar tempat tinggalnya, tanpa bermaksud mencari nafkah (Anonymous, 1987).  Secara harfiah “rekreasi “ berarti “re - kreasi”, yaitu  kembali kreatif.   Sedang rekreasi itu sendiri merupakan kegiatan (bahkan kegiatan itu direncanakan) dan dilaksanakan karena seseorang ingin melaksanakan. Jadi dapat diartikan usaha atau kegiatan yang dilaksanakan pada waktu senggang  untuk  mengembalikan  kesegaran fisik (Clawson dan Knetsch, 1966 dalam Basuni dan Sudargo, 1988). Basuni dan Soedargo (1988), menambahkan kegiatan rekreasi dapat dibedakan menurut sifatnya yaitu rekreasi aktif dan rekreasi pasif.  Rekreasi aktif adalah rekreasi yang lebih berorientasi pada manfaat fisik daripada mental, sedang  rekreasi  pasif adalah rekreasi yang berorientasi pada manfaat mental dari pada fisik.

Menurut Direktorat Perlindungan dan Pelestarian Alam (1979) dalam Hemawan  (1983)  bahwa rekreasi alam atau wisata alam meru-pakan salah satu bagian dari kebutuhan hidup manusia  yang  khas  dipenuhi  untuk  memberikan keseimbangan, keserasian, ketenangan dan kegairahan hidup, dimana rekreasi alam atau wisata  alam  adalah salah satu bentuk pemanfaatan sumberdaya alam yang berlandaskan atas prinsip kelestarian alam.

Pesan : Mari wisata ke Pulau Tidung.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...