Cari

Kamis, 25 Oktober 2012

Tentang Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan wilayah laut Indonesia (dekat Jakarta) yang merupakan wilayah konservasi alam. Kepulauan Seribu terletak 45 km sebelah utara dari Jakarta. Kepulauan Seribu memiliki 78 pulau karang, baik besar maupun kecil, dengan ketinggian rata-rata tidak lebih dari 3 m dpl. Ratusan tahun yang lalu, pulau pulau itu terbentuk pada koloni karang mati. Koloni ini pada awalnya tumbuh pada dasar laut dangkal. Di Kepulauan ini tumbuh tanaman pionir seperti semak semak dan beberapa jenis pohon mulai tumbuh di karang. Permukaan pulau pulau ini sangatlah berbeda, yang tercermin dalam keanekaragaman tanaman dan kehidupan binatang.

Secara umum, tanaman yang tumbuh yang didominasi oleh spesies pesisir seperti kelapa sawit (Cocos nucifera), pandan (Pandanus sp.), Cemara laut (Casuarina equisetifolia), cangkudu (Morinda citrifolia), butun (Barringtonia asiatica), bakau (Bruguiera sp.), sukun (Artocarpus altilis), ketapang (Terminalia cattapa), dan kecundang (Cerbena adollam).

Laut vegetasi yang umum ditemukan, terdiri dari divisi rumput laut seperti Rhodophyta, Chlorophyta dan Phaeophyta serta kelas rumput laut seperti Halimeda sp, Padina sp, Thalasia sp, Sargasum sp, dan Caulerpa sp.

Hewan hewan yang dominan termasuk 54 spesies biota laut yang merupakan bagian dari ekosistem terumbu karang, 144 jenis ikan, 2 jenis kima raksasa, 6 jenis rumput laut, cacing laut dari berbagai warna dan 17 jenis burung pantai.

Taman Kepulauan Seribu ini membentuk sebuah situs untuk penetasan penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu hijau (Chelonia mydas). Penyu sisik adalah spesies langka dan jarang ditemukan di perairan lain. Kura kura ini dibiakkan di Pulau Pramuka. Kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan populasi penyu, yang telah hampir mencapai kepunahan. Kegiatan pemuliaan meliputi penetasan telur dengan cara semi alami dan merawat bayi kura kura sampai mereka siap untuk dilepas ke habitat alami mereka.

Sebagian besar daerah pesisir Taman ini dikelilingi oleh hutan mangrove, dimana iguana, ular cincin emas, dan ular dapat ditemukan.

Rantai Kepulauan Seribu adalah tempat keindahan alam yang mempesona. Simfoni panggilan dari makhluk di pulau-pulau kecil berwarna hijau, dikombinasikan dengan suara ombak gemuruh dan sinar matahari keemasan di senja membawa rasa tenang dan ketenangan kepada semua orang yang mengunjungi taman.

Pesan : Mari wisata ke Pulau Seribu.. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...