Cari

Rabu, 21 November 2012

Pengertian Obyek dan Potensi Wisata Alam

Obyek wisata alam adalah  perwujudan ciptaan manusia, tata hidup seni-budaya serta sejarah bangsa dan tempat atau keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi  (Anonymous, 1986).

Selanjutnya Direktorat Perlindungan dan Pengawetan Alam (1979) mengasumsikan obyek wisata adalah pembinaan terhadap ka-wasan beserta seluruh isinya maupun terhadap  aspek pengusahaan yang meliputi kegiatan pemeliharaan dan pengawasan terhadap ka-wasan wisata.  Obyek wisata yang mempunyai unsur fisik lingkungan berupa tumbuhan, satwa, geomorfologi, tanah, air, udara dan lain sebagainya serta suatu atribut  dari  lingkungan  yang  menurut anggap-an manusia memiliki  nilai  tertentu  seperti  keindahan, keunikan, ke-langkaan, kekhasan, keragaman, bentangan alam dan keutuhan (Anonymous, 1987).

Obyek wisata alam yang ada di Indonesia dikelompokkan menjadi dua obyek wisata alam yaitu obyek wisata yang terdapat  di luar kawasan konservasi dan obyek wisata yang terdapat di dalam kawasan konsevasi yang terdiri dari taman nasional, taman wisata, taman buru, taman laut dan taman hutan raya. Semua kawasan ini berada di bawah tanggung-jawab Direktorat Jendral Perlindungan dan Pelestarian Alam
DEPHUTBUN.  Kegiatan rekreasi yang dapat dilakukan berupa lintas alam, mendaki gunung, mendayung, berenang, menyelam, ski air, menyusur sungai arus deras, berburu (di taman buru). Sedangkan obyek wisata yang terdapat di luar kawasan konservasi dikelola oleh Pemerintah Daerah, Pihak Swasta dan Perum Perhutani, salah satunya adalah Wana Wisata.

Kelayakan sumberdaya alam merupakan potensi obyek wisata alam yang terdiri dari unsur-unsur  fisik lingkungan berupa tumbuhan, satwa, geomorfologi, tanah,  air, udara dan lain sebagainya, serta suatu atribut dari lingkungan yang menurut  anggapan  manusia  memiliki  nilai-nilai  tertentu seperti keindahan, keunikan, kelangkaan, atau ke-khasan keragaman,   bentangan   alam   dan keutuhan (Anonymous, 1987).

Pesan : Mari kunjungi dan kembangkan potensi alam Pulau Tidung..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...